Beli Ikan Bakar Murah Untuk Pesta

Hayoo, siapa yang doyan ikan bakar? Siapa yang suka pesta bakar-bakar ikan?

Pengen banget makan ikan bakar, tapi ga mau capek bakar sendiri?

Serahkan sama ahlinya 不

Ini kebiasaan saya dan keluarga kalau lagi pengen ngerayain sesuatu tapi budget terbatas, kadang targetnya under 50ribu, udah bisa makan "wah" (versi kami ya).

Ikan Patin Bakar di Superindo
Ikan Patin Bakar di Superindo

Kadang, kalau bikin arisan atau acara kumpul-kumpul, saya lebih suka beli ikan bakar aja di Supri (sebutan ikrib saya buat supermarket deket rumah, Superindo). Murah dan ga bikin repot 不.

Beli ikan, minta dibakarin, tinggal nambah sendiri deh di rumah, nasi, lalap, tempe/tahu goreng, sama sambal. Bisa ditambah sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal matah, sambal kecap, sambal apa aja sesuka kita, yang biasa dibikin di rumah.

Ikan favorit keluarga kami adalah Patin, paling enak dibakar, kalau digoreng agak susah, karena biasanya Patin akan mengeluarkan semacam lemak berminyak ketika dimasak, baik digoreng atau dibakar. Kalau digoreng, akan susah keringnya karena si lemak itu tadi. Kalau bakar sendiri, agak effort, lama nunggu matengnya, belum panasnya, kipas-kipasnya, bersihinnya, dsb 不. 

Fyi, di Superindo bisa dapat compliment gratis goreng/bakar jika beli ikan fresh yang ada di aquarium, di bagian makanan laut atau daging-dagingan.

Gratis Bakar/Goreng
Gratis Bakar/Goreng 


Jadi pilih yang gampang. Beli ikannya, minta bakarin sama si abang. Mostly saya pilih ikan dibakar dengan dibelah lebar. "Belah dua ya bang"

Sekilo patin di Superindo sekitar 30-40ribuan, kalau pilih yang ukuran sedang, beratnya sekitar 400gr, kalau sekilo dapat 2-3pcs. Kadang 2pcs ga sampai sekilo. Dan 2 pcs patin bakar ukuran sedang bisa buat makan rame-rame bareng 6-10 orang 不.


Pesta Budget 100ribu

Pernah dong kami buatin pesta kecil-kecilan buat temen suami yang anaknya baru sunat. Kongkalikong sama temen lain, supaya mereka yang siapin nasi, lalap, sambel dan condiment buat "partner" si ikan bakar, sementara kami yang bertugas membeli ikan. Pesan 4 ikan Patin ukuran sedang, minta dibakar belah dua. 

Patin Bakar belah dua
Patin Bakar belah dua


Dengan modal ga sampai 80rb udah dapat 4 pcs ikan bakar yang sedaap untuk makan bareng sekitar 25 orang! Itu masih lebih-lebih. Ya, dengan tambahan lalap, sambel, dan condiment (tempe & tahu goreng), modal total sekitar 100ribu. Murah meriah kan? 

Mungkin kalau pesan katering, budgetnya bakal lebih banyak? Kalau masak sendiri ya habisnya kurang lebih sama, tapi effortnya lebih, capek. Tapi dengan cara beli minta dibakar/goreng (gratis), lebih efisien, hemat waktu.

Kalau pengen ikannya lebih mewah lagi, bisa juga beli ikan Nila Merah (rasanya mirip Gurame) atau beli ikan Gurame di Supri juga, bisa minta digoreng model ikan terbang, asyik ga tuh? 

Harga Gurame sekitar 50ribu sekian, kalau lagi diskon ga sampai 50ribu. Sementara Nila merah harganya di bawah Gurame, sekitar 40ribu sekian lah.

So, mau bikin pesta kecil-kecilan dengan budget murah meriah bisa kog.


Proses Order Ikan

Oh ya, kalau mau pesan ikan goreng atau bakar gini, beli dulu ikannya ya, pilah pilih yang ada di aquarium, mau yang besar, sedang, atau kecil-kecil. Nanti petugas bagian ikan akan mengambil menggunakan jaring, kemudian ditimbang untuk mengetahui berat dan total harga ikan. Si petugas akan memberikan sebuah bon kuning untuk dibayar di kasir, pesan sama si abang mau minta digoreng atau dibakar dengan cara seperti apa. Nanti ikan akan dibersihkan dan diolah sesuai request. 

Sementara menunggu, bisa bayar dulu ikannya di kasir, bisa sambil sekalian lihat-lihat dan belanja yang lain. Proses menggoreng ikan utuh sekitar 20-30 menit. Sementara proses memanggang butuh waktu 30-45 menit. Saat mau ambil ikan, jangan lupa kasih lihat bon pembelian dan pengambilan ikan yang sudah dibayar dikasir ya.

Ada yang langganan belanja ikan bakar/goreng juga di tempat yang sama seperti saya? Cerita yuuk di komen.

Komentar

Postingan Populer