Menulis artikel SEO, Yayasan Indah Berbagi

Memaksimalkan artikel SEO


Siapa sih yang kalau menulis artikel ga pengen masuk halaman utama? Page one? 

Rasanya semua penulis, orang yang suka menulis, blogger, website, dan berbagai tulisan online pasti pengen masuk jajaran halaman satu, berebut malah biar bisa masuk page one google. Bahkan ada yang segitu terobsesi bisa masuk halaman satu. Kenapa sih? Ya biar mudah ditemukan dan dibaca banyak orang.

Kalau muncul di halaman satu itu, kemungkinan diklik dan dibaca orang sangat besar. Otomatis kalau diklik kan viewnya akan tinggi. 

Siapa sih yang ga pengen tulisannya dibaca banyak orang? Tujuan utama menulis kan supaya tulisannya bermanfaat dan membawa dampak bagi banyak orang, ya ga sih?

Nah, berhubung bukan cuma satu dua orang yang pengen tulisannya muncul di halaman satu google, terjadi lah persaingan, perebutan untuk bisa nongol di halaman satu. That's why bermunculan lah yang namanya tips n trik SEO. SEO? 

Search Engine Optimization. Bagaimana mengoptimalkan si mesin pencari (utamanya google) agar bisa mendeteksi tulisan dan menempatkannya di halaman pertama.

Sebenarnya, udah banyak banget bertebaran ilmu-ilmu tentang SEO, saya udah ikut pelatihan SEO di mana-mana. Entah karena saya yang payah menangkap ilmunya, atau mbalelo, bandel, ga mengaplikasikan dan mengoptimalkan ilmu menulis artikel SEO yang didapat 😂.

Tapi ya ga pernah bosan-bosan belajar sih, karena sadar diri hingga detik ini ilmu SEO belum maksimal, kayak baru dapat kulit-kulitnya gitu loh. Rasanya masih banyak hal yang harus dipelajari, karena peer memaksimalkan halaman sendiri aja belum tuntas.

So, ketika Bloggercrony menawarkan hadir ke event blogger hangout ke 74, Menulis Artikel SEO by Iyan Awaludin pada 30 September 2023 lalu di Rumah Pemberdayaan Yayasan Indah Berbagi (YIB) bareng relawan YIB di Parung Kabupaten Bogor, saya mau banget. 

Alhamdulillah pagi-pagi jam 9 udah sampai di ruang kelas. Jam 10 acara dimulai dengan fasilitator Mula (relawan Yayasan Indah Berbagi) sebagai host acara.

Trik Menulis Artikel SEO

Menurut kak Iyan, ada 3 trik yang harus dipelajari dalam menulis artikel SEO :

1. SEO on Page

Mengoptimalkan SEO dari halaman artikel itu sendiri

2. SEO off Page

Mengoptimalkan SEO dari luar artikel itu sendiri

3. Technical SEO

Mengoptimalkan SEO dengan bantuan teknis dari website tersebut.



Berhubung mengupas tuntas SEO itu bisa panjang, maka yang dibahas Kak Iyan kali ini hanya trik SEO on page. 

Apa aja sih yang dimaksud SEO on page?

SEO on page berarti memaksimalkan SEO di dalam halaman artikel tersebut.

Banyak hal nih yang harus dioptimalkan, misalnya dari pemilihan judul, kata kunci, link building, foto, dsb.

Optimasi SEO on page


Panjang sih kalau dijelasin detail satu-satu, nanti saya bahas sendiri aja kali ya soal trik SEO on page dalam menulis artikel SEO dari Kak Iyan ini. Pada dasarnya ga beda jauh sih dengan trik SEO on page yang pernah dibahas ahli SEO lainnya. 

Intinya, kalau sudah menetapkan satu keyword, ya fokus deh untuk memaksimalkan keyword tersebut di dalam artikel. Kak Iyan menyarankan untuk membuat keyword maksimal 3 suku kata, jangan lebih. 

Maksimalkan penulisannya di judul, 100 kata pada paragraf pertama, di permalink, dan pengulangan minimal 7x di dalam menuliskan artikel SEO, meta data, nama images, dsb.

Kak Iyan menekankan untuk memaksimalkan link building, jadi kalo bisa buat artikel yang saling ngelink satu sama lain, saling ngelink dengan artikel lain di blog kita.

Berapa panjang menulis artikel SEO yang disarankan? Menurut kak Iyan, usahakan minimal 750-1200 kata. Tapi sebisa mungkin sih gak lebih dari 1500 kata. Kenapa? 

Kalau artikel udah kepanjangan, biasanya orang cenderung bosan, boro-boro mau baca sampai tuntas, baru di tengah jalan aja akhirnya kabur (hahaha ini saya banget, baru setengah jalan baca udah kehabisan napas 😂, udah keburu kedistrak urusan lain, banyak aja lah "iklan" lewatnya, akhirnya males deh nerusin baca 😅, makanya paling males nulis artikel panjang-panjang, takut yang baca juga bosan ga langsung to the point). 

So, saya sering banget nulis to the point, ga bertele-tele, langsung ke pokok masalah, biar yang baca ga belak belok ngalor ngidul ga langsung ke tujuan. Kan sayang udah nulis panjang-panjang, tapi pembaca ga dapat poinnya karena terlalu bertele-tele nulisnya.

Kalau hobinya nulis panjang gimana? Menurut Kak Iyan, salah satu solusinya, tulisan bisa dipecah menjadi dua atau tiga bagian. Ini juga salah satu trik untuk membangun link building di dalam artikel itu. Bikin artikel part 1, 2, 3, dst, mau ga mau kan supaya bisa baca lanjutannya, ya harus ngeklik link part 2. Kalau ternyata nyasarnya ke part 2, supaya ga hilang arah, ya baca dulu part 1 kan?

Hoo iya, saya tuh sebenarnya suka males ngasih gambar atau foto di dalam tulisan. Ternyata menyelipkan foto/gambar ke dalam tulisan itu penting banget, minimal ada lah 2-3 gambar yang disisipkan. Tujuannya supaya apa? Ya supaya ketika menulis artikel SEO beneran maksimal hasilnya, orang tertarik membaca dan ga bosan baca tulisan panjang karena ada sisipan gambarnya. Apalagi jika gambar atau foto tersebut direname atau diberi nama sesuai kata kunci yang digunakan.

Optimasi gambar


Menarik banget belajar menulis artikel SEO bareng relawan Yayasan Indah Berbagi, banyak pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya menjadi insight bagi saya. Ketika ada yang nanya soal gambar/foto (images) berapa besar sih maksimalnya supaya ga membuat loading artikel tersebut berat? Apakah perlu diresize?

Salah satu concern dalam materi SEO on page memang kecepatan loading artikel dan kecepatan  website/blog tersebut. Itu sebabnya disarankan untuk memilih tema website/blog yang responsif, yang loading-nya ringan dan bisa cepat terbuka. Soalnya kalau lama, orang dah keburu malas dan beralih ke website/blog lain. So, images yang tidak terlalu besar, maksimal 100kb deh. Kalau sekiranya imagesnya besar, bisa diresize dulu biar nantinya proses loading blog ga lama. Oh ya, jangan lupa direname ya imagesnya, supaya bisa terdeteksi google juga.

Gimana-gimana, udah punya bayangan belum dalam menulis artikel SEO? Gampang kan ya sebenarnya? Cuma memang harus konsisten supaya hasilnya maksimal. Semua langkah-langkah penulisannya harus diikuti supaya artikelnya beneran nangkring di halaman satu google.

Komentar

Postingan Populer