Mau Motor Irit BBM? Lakukan Servis Ini!

Siapa coba yang ga mau kendaraannya, motornya, mobilnya, irit BBM? Rata-rata ya pasti mau motor irit BBM. Maklum lah, salah satu komponen yang cukup menguras budget ya BBM kendaraan kan, alat transportasi untuk mobilitas berbagai kegiatan harian.

Di rumah kami sampai punya 3 motor buat mobilitas yang berbeda-beda. Suami biasa pakai motor buat antar jemput anak-anak sekolah, antar jemput saya ke stasiun sesekali, nyari bahan, ngajar, dsb. Dulu sih antar jemput 3 anak, pulang pergi, lumayan, jarak sekolah- rumah sekitar 4,5km. 

Sekarang yang diantar jemput tinggal si bungsu, karena cewek dan usianya masih under 17th, bapaknya masih seneng anter jemput, biar sambil ngobrol dan cerita-cerita.

Anak-anak yang cowok masing-masing udah bawa motor sendiri, buat berbagai aktifitas juga, mulai dari kuliah, ke rumah temen ngerjain tugas, dan berbagai aktifitas lainnya, termasuk antar jemput bunda atau adiknya kalau pas ayahnya ga sempet jemput. 

Memang sih motor kami banyak, tapi ya motor tua semua 🤭, maklum, cari yang murah dan konsumsi BBMnya terjangkau. 

Menurut suami, motor tua juga kalau dirawat dengan baik, rajin diservis, akan tetap aman nyaman digunakan dan motor irit BBM tentunya.

Suami saya tuh orang paling bawel soal servis motor, dia lah yang paling rewel minta duit kalau motor kami udah waktunya harus "ngebengkel". 

"Bund, motor udah waktunya ganti Oli nih, bagi duit dong"

Loh kog minta duit? Hahaha iya, pengelolaan uang memang ada di saya, suami nyerahin semua duitnya, paling cuma sisain dikit buat jajan, supaya ga boros kalau dia yang pegang, jadi ya mau ga mau minta duit buat servis pun ke saya 🤭. 

"Bund, motor udah mulai ga enak, udah mulai boros nih, waktunya servis, biar tarikannya enak dan irit BBM"

Suami emang paling concern lah soal perawatan motor ini. Dan selalu jelasin kenapa perlu perawatan ini dan itu dari sebuah motor. Kenapa harus dirawat, mana aja bagian yang harus rutin dirawat, dsb.

Oh ya, ga cuma punya motor bebek tua, kami juga punya 1 motor matic yang biasa dipakai Ferdi buat kuliah atau belanja bahan-bahan roti (Baca : Ferdi, antara bisnis dan kuliahnya) dan kadang-kadang bantu antar jemput saya ke stasiun atau jemput adiknya di sekolah.

Servis Motor ke Bengkel
Servis Motor ke Bengkel


Buat motor matic ini pun suami yang selalu bawelin anaknya 

"Jangan lupa ganti oli!"

"Motor udah mulai ga enak tuh, bawa ke bengkel gih, servis dulu"

Sebenarnya, merawat motor ga harus menunggu sampai mesinnya jadi ga enak. Ada jadwal rutin kapan musti ganti oli, ganti oli gardan, servis rantai, servis injeksi, dsb. Kalau kita rajin ngikutin aturan servis ini, yakin lah motornya jadi enak banget dipakainya.

Nah, supaya ga bingung, bagi yang punya motor dan mau motor Irit BBM? Caranya mudah, rajin dirawat dan diservis, ini dia bagian-bagian yang perlu dirawat.


8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor, yuk baca artikel ini sampai selesai.

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu dibayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Oli motor matic
Oli motor matic 


2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Ganti oli motor
Ganti oli motor 


Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, ya harus cari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa diandalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Servis Motor Rasa Baru
Servis Motor Rasa Baru


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

● Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

● Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

● Bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Beda Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Jika servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, sudah tahu kan manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. 

Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir service motor? Kalau perlu service motor dan mau ganti oli motor matic, yuk ke Planet Ban aja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

Komentar

  1. Iya ya, kalau sepeda motor rajin dirawat dan diservis, bisa irit BBM. Sebaliknya kalau jarang dirawat, pas rusak malah bisa habis uang banyak :D
    Servisnya di Planet Ban ya, yang andal dan ramah kantong.

    BalasHapus
  2. Setuju banget, mba.. Motor tua, kalo dirawat dengan baik, dan rajin diservis, pasti kondisinya bakalan tetap prima. Apalagi kalo nemu tempat servis yang cocok kayak Planet Ban yaaa.. Mesinnya bakalan terus serasa motor baru

    BalasHapus
  3. enak di sini kalau mau servis aman tenang ga dipatokin biayanya. aku juga daripada ke bengkel geje mending ke planet ban

    BalasHapus
  4. Kalau motor jarang diservice bikin boros bensin dan mesin rusak kalau kelamaan. Jadi musti rajin dirawat dengan service rutin

    BalasHapus
  5. Aku tuh paling males klo disuruh servis motor, hahaha. Biasanya suami yang servis. Btw, kayaknya planet ban rekomended nih

    BalasHapus
  6. Sebenarnya kalau motor jarang di servis atau malah ngga pernah di servis itu bisa gampang rusak kan ya mb

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar atau pertanyaan ya, biar lebih ikrib 🤭

Postingan Populer