Uang Jajan 5rb, Cukup kah?

Uang jajan 5rb, emang cukup?

Uang Jajan 5rb, cukup kah?
Uang Jajan 5rb, cukup kah?


Percaya ga percaya, saya kasih uang jajan Falda yang udah setingkat SMA cuma 5rb. Itu pun kadang dikasih, seringnya lupa, atau ga dikasih sama sekali. Kadang-kadang dikasih, tapi dirapel 😅.

Ya ampun, hari gini anak sekolah bisa jajan apa dengan uang 5rb? Apa bisa kenyang? Apa bisa jajan "bener"?

Walau udah setingkat SMA, Falda masih saya bawain bekal makan siang lengkap dan snack tertentu yang kebetulan ada dan saya buat.

Kog masih bawa bekal? Emang anaknya ga malu udah SMK masih bawa-bawa bekal ke sekolah?

Alhamdulillah sih sejauh ini Falda ga pernah protes saya bawain bekal ke sekolah. Malah kalau ga dibawain bekal, kayak ada yang kurang. 

Pernah sekali Falda saya lebihkan jajannya supaya dia bisa beli makan siang di sekolah karena saya ga sempat membuatkan bekal. Eh tahunya pas pulang cerita, dia ga sempat beli makanan di kanti karena penuh dan antri, waktunya dah keburu abis buat ngerjain ini itu. Pas mau beli, makanan di kantin sebagian udah abis, jadi Falda akhirnya terpaksa beli makanan asal-asalan, cuma ganjel gorengan.

Denger cerita itu saya malah jadi sedih, tapi juga sekaligus merasa apa yang saya lakukan selama ini sudah benar, membawakannya bekal. 

So, karena sudah ada bekal, saya menganggap Falda ga perlu lagi uang jajan sebenarnya, kan udah dibawain makanannya. Cuma, biar ga sedih-sedih banget ga pegang uang sama sekali, makanya saya masih bawain uang saku 5rb. Ini sebenarnya lebih ke pegangan buat Falda aja sih, sewaktu-waktu butuh apa-apa di sekolah, misalnya patungan foto kopi, beli pembalut, dsb. Kalau pun mau digunakann buat jajan di luar bekal pun bisa. 

Tapi mostly, uang saku/uang jajan yang saya kasih itu akhirnya ya buat ditabung atau buat bayar uang kas. Uang kas? Iya, Falda sering cerita kalau mereka ngumpulin uang kas kelas buat bermacam keperluan. Nah, selama ini Falda ga pernah minta iuran kas ke saya, rupanya ya dari uang jajannya itu.

Pun Falda suka dapat job-job ringan dan dapat tambahan uang saku dari situ. Kadang dia juga membelikan kumpulan uang jajannya untuk kulakan alat tulis lucu buat dijual lagi. Sesekali juga jualan makanan, roti atau donat buatan kakaknya. 

Ya Alhamdulillah, dengan keterbatasan uang saku, Falda jadi ga jajan yang macem-macem, dan kadang-kadang jadi punya semangat buat cari tambahan uang saku 😂.

So, bicara uang saku 5rb, cukup kah? Apalagi untuk ukuran anak setingkat SMA? Kembali lagi semua tergantung pertimbangan orangtua, ga bisa dipukul rata ya. Bagi saya, dengan kondisi ekonomi dan beberapa kondisi yang saya sudah sebutkan, uang jajan 5rb bagi Falda rasanya cukup-cukup saja. Karena saat di rumah pun kadang-kadang kami sesekali suka jajanin ini itu, saya buatin cemilan ini itu.

Pun dulu kakak-kakaknya waktu di pondok aja cuma dikasih uang saku 75rb seminggu, artinya cuma 10ribuan sehari, padahal mereka ga dibawain bekal (kami jarang belikan makanan buat bekal ngemil seminggu misalnya), kadang suka terlambat juga makan siang atau malamnya (dari pondok), atau kalo pas sibuk dengan kegiatan, kadang mereka ga sempat makan, tahu-tahu udah ga kebagian jatah. Kalau kejadian gini, terpaksa lah beli makanan, so uang jajan diperlukan buat antisipasi hal-hal semacam itu.

So, kalau kakak-kakaknya yang di pondok aja bisa dengan uang saku segitu, ya kami anggap Falda yang ngga mondok dan dibawain bekal hari-hari, masih bisa jajan sore atau ngemil lagi di rumah sorenya, tentu cukup dengan uang jajan 5rb 😁. 

Komentar

Postingan Populer