Susah Makan Ketika Sakit?

Kalau sakit, biasanya jadi susah makan? Ada yang pernah atau biasa ngalamin gini? Susah makan Ketika Sakit?

Susah Makan Kalau Sakit?
Susah Makan Kalau Sakit?

Nah, pengalaman di rumah kami, kalau anak-anak lagi sakit emang beda-beda, ada yang ga nafsu makan, ada yang mau makan tapi harus dipancing makanan tertentu dulu supaya mau makan banyak, dsb.

Tapi umumnya kami akan selalu mengupayakan supaya anak ga cuma cukup asupan cairan tapi juga cukup asupan makanannya. Jadi, kalau ada yang sedang tidak berselera makan, maka tiap anak yang sakit akan selalu kami tanya "mau makan apa?". 

Kalau ada yang bingung mau makan apa, kadang kami akan sebutkan beberapa list makanan yang sekiranya biasa membangkitkan selera makan mereka.

"Mau soto? Sop? Nasi uduk? Pizza? Martabak? Roti? Spageti? Bakso? Mie ayam? Nasi goreng? Bubur? Nasi Padang?"

Sebisa mungkin kami penuhi keinginannya. Bahkan jika ada yang minta es krim atau jus buah pun akan kami upayakan, karena ini bisa membantu rehidrasi dan kecukupan cairan *cmiiw.

Hal ini tidak selalu saya tanyakan kalau mereka sedang dalam keadaan normal, tidak sedang sakit. Kalau dalam keadaan semua sehat, mereka biasanya ngikut aja makan apa yang emaknya masak. Sesekali emang ada request, tapi emak ga sanggup harus masak makanan berbeda-beda kayak di restoran 🤣. Emaknya ga punya cukup tenaga kalau harus masakin makanan yang berbeda-beda dalam jumlah banyak, bukan koki 😅.

Tapi khusus ketika sakit memang kami biasa menuruti apa yang anak-anak minta, supaya nafsu makannya lebih baik, karena kadang ada beberapa kondisi yang membuat anak sakit ini jadi males makan, entah lidahnya pahit, mulutnya sakit, kepalanya pusing, perut mual, dsb.

Waktu Faldi sakit, tiap makan selalu saya tanya mau makan apa. Dan permintaannya selalu berbeda-beda. Ya selagi sanggup, kami usahakan penuhi, supaya anaknya mau makan banyak dan selera makannya membaik. Ga selalu emak yang masak, karena kadang cuma butuh 1-2 porsi, jadi kami biasa beli aja makanan yang diminta anak-anak.

Pernah saya sengaja bela-belain jalan kaki lebih dari 500 meter buat beli nasi Padang dan bakso karena anaknya lagi pengen makan itu. Ya, Alhamdulillah dimakan dan makannya banyak. Kan yang beliin jadi puas karena mau makan banyak. Karena selain asupan cairan yang cukup, asupan makanan yang cukup akan membuat recovery menjadi lebih cepat *cmiiw.

Sementara Ferdi yang gak rewel soal makanan, mau makan apa aja, biasanya ga minta macam-macam kalau lagi sakit 
"apa aja deh bund, yang penting ga bikin mual". 

Makan nasi sama telor rebus atau telor ceplok pun jadi lah, yang penting anaknya mau dan semangat ngabisin makanannya.

Alhamdulillah anak-anak termasuk ga susah juga makan dan minumnya. Selama ini memang didoktrin, kalau mau cepat sehat, minum cairan cukup banyak itu wajib dan makan itu bisa mempercepat proses penyembuhan.

Jadi, karena merasakan ga enaknya sakit, mereka jadi termotivasi untuk minum yang banyak dan makan yang cukup. So, walau pun mengeluh sakit ini itu, mereka tetap banyak minum dan menghabiskan makanannya. Walau takarannya kadang ga sebanyak ketika sedang sehat, tapi yang penting asupannya cukup.

Faldi sampai selalu mengulang-ulang imbauan ayahnya "pokoknya harus banyak minum!" 

Komentar

  1. anak-anak kalau pas sakit dan susah makan, orang tua pasti bingung, apalagi kalau masih kecil dan rewel terus
    aku yang udah gede kadang kalau pas sakit memang kurang nafsu untuk makan, tapi sadar diri, kalau ga makan, ga bakalan sembuh, padahal melakukan aktivitas kalau lagi sakit ga bakalan bisa maksimal
    disitu aku upayain buat rajin minum obat tepat waktu, banyakin minum air meskipun aku sendiri ga begitu suka minum

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar atau pertanyaan ya, biar lebih ikrib 🤭

Postingan Populer