Lebaran Harus Pakai Baju Baru?

Tak terasa ya, Ramadhan sudah memasuki minggu kedua menuju ketiga, sudah semakin mendekati lebaran.



Antusiasme lebaran dari tahun ke tahun ya seputar mudik, bikin kue lebaran, bikin hidangan lebaran, bikin hampers, sampai baju lebaran?

Baju lebaran? Ya, ada yang mengistilahkan baju yang dipakai khusus di hari lebaran itu namanya baju lebaran, walau baju lebaran ini sebenarnya ga ada baju khususnya sih. Tapi udah kayak jadi semacam tradisi aja kalau lebaran kayaknya harus punya baju khusus, baju baru. 

Memang sih, lebaran itu punya vibes yang beda, rasanya selalu disambut dengan sukacita, disambut dengan spesial, jadi ada yang menyambutnya secara khusus dengan mengenakan pakaian terbaik mereka.

Dulu, jaman anak-anak masih kecil, kami sesekali memang membelikan mereka baju jika ada salah satunya yang sudah kurang layak dipakai, entah sudah sempit, cingkrang, robek, atau lusuh. 

Namanya anak-anak kan tumbuhnya lumayan cepat ya, jadi dalam beberapa bulan saja ukuran mereka sudah berganti. Kadang masalahnya baju yang agak layak pun ternyata terlihat lusuh, ini pun rasanya perlu diganti. Ya setidaknya buat menghargai tuan rumah yang akan didatangi ketika silaturahmi, ga enak kan pakai baju kurang rapi 😢.

Tapi itu dulu sih, seiring usia bertambah, memasuki masa pra remaja/remaja ketika pertumbuhannya mulai melambat, tidak sepesat dulu, anak-anak udah jarang kami belikan baju baru, apalagi baju khusus lebaran. 

Kami sendiri orangtuanya juga memang ga pernah beli baju khusus buat lebaran, biasa pakai baju apa yang ada aja. 

Kami biasa beli baju kalau memang butuh. Misalnya celana yang biasa dipakai udah sobek-sobek, ya saatnya beli baru buat ganti. Begitu pun dengan anak-anak. Beli baju, celana atau perlengkapan lain ya ketika yang lama udah ga layak pakai.

Yang lucunya, karena kami jarang belikan baju atau sepatu, mereka nanti tahu-tahu jajan baju, celana, rok, asesoris atau sepatu sendiri 🤣.

Iya, enaknya era digital marketing dan menjamurnya marketplace sekarang ini kan memberikan beragam pilihan. Anak-anak jadi lebih mudah jajan berbagai keperluan mereka sendiri. Buat beberapa keperluan yang ngga urgent yang mereka tahu banget emak bapaknya ga akan mau keluarin duit buat sesuatu yang masih ada dan bagus, maka mereka rela rogoh kocek sendiri. 

Anak-anak (3F) paling suka jajan sepatu, entah kenapa sepatu masih bagus-bagus pun tahu-tahu udah datang paket, sepatu baru lagi 🤣. Ya terserah sih mereka mau jajan apa, yang pasti saya dan suami memang ga akan mau belikan selagi sepatu yang lama masih bagus dan jarang dipakai. 

Anak-anak biasa jajan asesoris gini pakai uang sendiri, entah hasil ngumpulin uang jajan, atau hasil kerja sampingan. Kadang mereka suka dapat proyek-proyek kecil yang berbayar, lumayan buat tambahan uang saku, termasuk THR lebaran 🤣.

Komentar

Postingan Populer