Persiapan Bikin KTP

Bikin KTP? Kalau dulu waktu belum berlaku KTP seumur hidup, tiap 5 tahun sekali pasti datang ke kelurahan atau kecamatan buat daftar dan foto KTP baru, jadi KTPnya pasti ganti tiap 5 tahun sekali. Ga cuma fotonya yang berubah, tampilannya pun berubah.



Tapi, sejak KTP elektronik mulai berlaku dan KTP ga punya tanggal kadaluarsa lagi, bikin KTP itu harus beneran dipikirin, karena foto KTP yang dibuat pertama kali itu akan selamanya berlaku dan menjadi KTP sepanjang masa.

Ga heran kalau Ferdi sampai pakai cardigan buat tampil maksimal di KTPnya 3 tahun lalu.

Nah, tahun ini giliran Falda yang akhirnya bikin KTP. Bahkan ucapan ultah saya buat Falda, horeee, udah bisa bikin KTP 😁.

Bisa bikin KTP ini jadi spesial dan ditunggu-tunggu banget sama Falda, karena beberapa kerjaan dan akun bank kan harus pakai KTP. 

Di daerah kami, Tangsel, bikin KTP bisa dilakukan di beberapa lokasi, bisa di kantor kecamatan, kantor dukcapil, atau gerai dukcapil yang ada di mall.

Berhubung ga sempat bikin KTP di hari ulang tahunnya karena ada sesuatu dan lain hal, Falda yang antusias banget pengen bikin KTP selalu "meneror" kami dengan kalimat "kapan bikin KTPnya? Ntar keburu masuk" 😂

Kebetulan memang seminggu ini Falda sedang libur eh belajar di rumah deng, karena kakak kelas 12 sedang ujian.

Setelah beberapa kali mau berangkat bikin KTP gagal, hari Kamisnya baru bisa datang ke kantor kecamatan. Kebetulan waktu kakaknya Ferdi bikin KTP juga di kantor itu, jadi kami pilih yang udah biasa aja, biar ga pusing lagi penyesuaian dengan alur baru kalau pindah lokasi.

Buat bikin KTP, dokumen yang perlu disiapkan adalah

1. Form isian data pribadi (ini ada di kantor kecamatan atau lokasi pembuatan KTP)

2. Fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopinya aja ya cukup, ga perlu bawa KK asli, soalnya kami sempet salah bawa 🤣

3. Fotokopi akte kelahiran anak.

Nah ini komponen pentingnya yang ga boleh ketinggalan, fotokopi akte kelahiran anak harus dibawa agar pihak pembuat KTP bisa mencocokkan data tempat dan tanggal lahir, jangan sampai ada missed di KK dan akte.



Emang cuma 2 dokumen penting aja yang disiapin, tapi ini beneran harus ada, jangan sampai skip. Kami kebetulan lupa membawa fotokopi akte kelahiran, jadi terpaksa pulang dulu buat ambil kelengkapannya. Kalau salah satu ga ada, ga akan diproses soalnya, jadi harus lengkap.

Setelah dokumen dan form lengkap, kebetulan Falda ga pakai antri buat foto, jadi langsung masuk ruangan pembuatan KTP, foto dan tanda tangan.

Nah, supaya foto KTPnya bagus, tampil maksimal dong supaya hasil fotonya kece 🤣. Maklum, seumur hidup loh fotonya, kalau sampai jelek, agak nyesek ya bestie 😂.

Setelah foto KTP, langsung hari itu juga KTP elektroniknya jadi, bisa didownload via aplikasi. Tapi KTP fisiknya belum bisa diambil, 3 -4 hari kerja baru jadi.

Bagaimana pengalaman bikin KTP perdana di tempat teman-teman? Share dong!




Komentar

Postingan Populer