Zenbook DUO, si Canggih untuk si Kreatif

Saya dan ASUS Zenbook DUO


Beberapa tahun lalu, saat suami masih sibuk di studio rekaman ngurusin editing musik, PC (personal computer) yang digunakannya untuk mengerjakan task-task berat semacam itu punya spek tinggi dengan dua monitor di hadapannya.

Saya sempat nanya, kenapa harus menggunakan dua monitor, eh malah diketawain 😅. Ga dijawab, tapi dibukain langsung software editing yang digunakan buat ngedit, dan ditunjukkan bagaimana mouse bergerak dinamis lintas dua monitor. 

"Tuh, kalau mau ngedit gini, tracknya kan banyak, kalau cuma satu monitor, susah, makanya harus dua, supaya ga sakit mata edit detail track gini. Kalau track cuma 1-2 masih gampang, kalau 20 track? Apa ga pusing klak kliknya😂


Dua monitor
Suami dengan perangkat editing musiknya di studio

Menurut suami, beberapa pekerja kreatif seperti dirinya, teman-teman yang editing video, desain, bikin lagu, edit musik, dan pekerjaan kreatif lain, biasanya butuh dua monitor agar area "kerja" dalam mendesain, edit, dsb menjadi lebih luas, tidak dibatasi layar yang cuma 17 atau 21".

Pun perangkat semacam itu cuma ada di studio atau ruang kerja. Ga mungkin dibawa-bawa 🤣. Kalau mau liburan atau mau pergi ya kerjaannya pun dipending dulu, atau dikerjain dulu sampai selesai, baru mikir liburan 🤭. Boro-boro lah mau mikirin kerjanya bisa remote atau ditinggal ke mana-mana. Secara berat dan ribet broo 🤣

Ketika saya dan beberapa teman blogger hadir di Ballroom Raffles Hotel pada Kamis, 7 Maret 2024 lalu, menyaksikan langsung launching laptop anyarnya ASUS, ingatan saya langsung melayang ke jaman suami menggunakan dua monitor itu.

Bedanya, kalau dulu, dua monitor yang digunakan, perangkatnya dalam bentuk PC, sementara saat launching Zenbook DUO, perangkatnya dalam bentuk laptop.

Ini dia nih laptop yang beneran cucok bagi pekerja kreatif yang butuh "area" kerja luas, tidak terbatas layar laptop 14" saja, tapi bisa sampai 2 layar 14".


Acara launching ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini sangat meriah. Hadir pada hari itu berbagai media, blogger berbagai daerah, KOL, ASUS fans, dealer, dsb. 

Saya bersama beberapa teman blogger yang juga hadir


Acara diawali makan siang bersama dengan menu yang menggugah selera, ada salad sayur dan buah, batagor, nasi goreng, sampai dessert yang yummy, Mango puding, bread puding, tiramisu, dsb. Favorit saya yang creamy 😂.

Host acara kali ini adalah Donna Agnesia. Bintang tamu Winky Wiryawan sebagai star DJ yang udah nyobain langsung penggunaan Zenbook DUO, dan Wulan Guritno. Keduanya kemudian diminta bermain games bersama tim yang mereka pilih dari para tamu undangan. 

Games dengan 10 pertanyaan yang menggali penguasaan kedua tim terhadap spesifikasi Zenbook DUO. Total hadiahnya voucher 10 juta. Dan uniknya, di akhir babak, kedua tim sama unggul, sama-sama membawa pulang voucher 5 juta.


Games team Winky Wiryawan & Wulan Guritno
Games team Winky Wiryawan & Wulan Guritno


Ada drama musikal juga yang menampilkan scene-scene bagaimana galaunya beberapa pekerja baik pekerja biasa, agensi, maupun pekerja kreatif yang harus mengerjakan dan menyerahkan tugas ketika sedang dalam perjalanan.

Acara diakhiri dengan pengundian doorprize berupa 2 laptop Zenbook OLED 13 & 14, emas 5gr, voucher MAP 1 & 2 juta. 


ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Menurut Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. “Revolusi laptop telah dimulai hari ini!

Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari,”

Laptop OLED dua layar ini tipis, ringan, dan praktis, dengan ketebalan hanya 14.6mm, dan bobot cuma 1.35kg.

ASUS Zenbook DUO Launch Event
ASUS Zenbook DUO Launch Event 


Hal yang menarik dari Zenbook DUO ini adalah bisa digunakan dalam berbagai macam skenario penggunaan, sesuai kebutuhan.


Lima mode penggunaan Zenbook DUO (UX8406)

Dual-Screen Mode 

Dual Screen Mode ASUS Zenbook DUO
Dual Screen Mode ASUS Zenbook DUO


Inilah mode penggunaan yang paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Penggunanya kemudian mengontrol Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.


Desktop Mode 

Desktop mode ASUS Zenbook DUO
Desktop mode ASUS Zenbook DUO 



Didesain untuk pengguna yang suka dengan layar vertikal, Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk skenario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding.


Laptop Mode

Laptop Mode ASUS Zenbook DUO
Laptop Mode ASUS Zenbook DUO 


Laptop mode membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop clamshell pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.


Laptop Mode with Virtual Keyboard

ASUS menghadirkan solusi bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang tidak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.


Sharing Mode 

Ilustrasi penggunaan sharing mode
Ilustrasi penggunaan sharing mode


Mode paling unik di Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).


Kedua layar sentuh Zenbook DUO beresolusi 3K dengan teknologi layar ASUS Lumina OLED Ditenagai oleh Intel® Core™ Ultra 7 processor yang dilengkapi chip Intel® AI Boost NPU, serta grafis Intel® Arc™.

Zenbook DUO (UX8406)  merupakan laptop AI dengan dua layar bersertifikasi Intel® Evo™ Edition yang dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. 

Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan. 

Nah, jadi buat yang bekerjanya sudah menggunakan AI, ga perlu khawatir lagi laptopnya lelet atau hang, dengan prosesor mumpuni yang sudah disiapkan ASUS, bekerja sama dengan Intel, membuat laptop satu ini beneran bisa digunakan buat kerjaan-kerjaan yang butuh daya lebih.

Detachable ASUS ErgoSense Keyboard & Touchpad (pengalaman mengetik yang nyaman) - Full-Size Keyboard dengan ada Touchpad - Saat Keyboardnya di taruh di atas layar keduanya, akan otomatis ngecas karena ada pogo pin - Walaupun detachable, tapi keyboardnya ada backlit light-nya, bisa banget dipake di kondisi penerangan yg redup/gelap


Kalau ada yang tanya, tahan berapa lama baterenya? Berapa kapasitasnya? Nih ya, kapasitas baterenya 75Wh Battery Capacity, dan bisa banget digunakan hingga lebih dari 13 jam (please visit asus.com/id for the UX8406 battery test scenario). So, kalo lagi traveling dan susah dapat colokan, lagi di antah berantah rimba belantara, masih bisa tenang yaa.

Port-port input outputnya lengkap, salah satunya Full I/O Ports Best Sound Quality  Sound by Harman/Kardon dan tersertifikasi Dolby Atmos stereo sound system.

Bicara ketahanan, Zenbook DUO ini standarnya Military-Grade Standard Durability loh (untuk durabilitas laptop yang kuat) Protected by ASUS VIP Perfect Warranty (dicover 100% untuk biaya perbaikan dan spare part).

Nah gila banget kan speknya? Dengan semua kelebihan itu, berapa ya harga yang dibanderol?

Rp 33.999.000!

Terhitung murah dengan spek laptop dengan memory 16 GB dan kapasitas penyimpanan 1TB, auto muat banyaaak kan? Emang cocok deh buat si kreatif yang rajin desain. Cek detail spesifikasinya di grafis berikut.


Spesifikasi ASUS Zenbook DUO
Spesifikasi ASUS Zenbook DUO 


So, gimana? Ada yang pengen punya? Ngacung deh ah, siapa yang ga mupeng yaaa, saya juga mau. 🤣

Oh ya, kalau tertarik mau beli, langsung cuss aja ke link ini ya https://id.store.asus.com/zenbook-duo-ux8406ma-oleds711.html

Komentar

Postingan Populer