Mengelola Uang THR Anak?

Bentar lagi lebaran ya buibu, pak bapak. Biasanya kalau lebaran gitu anak-anak suka dapat THR kan dari pakdhe budhe, oom tantenya, kakek nenek, yangti yangkungnya. Dapet THR kadang lumayan jumlahnya. Nah, bagaimana ya mengelola uang THR anak-anak ini?


Kalau yang anak-anaknya masih balita, biasanya belum memahami uang, jadi seringkali menitipkannya ke ayah bundanya, iya apa iya?

Kalau kasusnya gini, yang mengelola tentu orangtuanya dong. Nah, tinggal pandai-pandai orangtuanya nih mengelola. Ada temen yang memasukkan uang THR anaknya ini ke tabungan, ada juga yang memasukkannya ke tabungan pendidikan, dsb.

Kalau anaknya udah usia sekolah, biasanya sudah mulai paham nilai uang nih, jadi mereka biasanya lebih memilih keep sendiri uang THR itu buat diri sendiri. Ada anak yang menyimpan uang THR ini sebagai tabungan, ada juga yang menggunakannya buat jajan, ada juga yang menabungkan uang jajannya buat tujuan membeli sesuatu, dst. 

Yang pasti, ketika anak-anak ini sudah mulai paham uang, orang tua juga perlu membekali anak-anak dengan pengelolaan finansial yang tepat, bagaimana agar anak-anak bisa memanfaatkan uang THRnya dengan maksimal dan tidak terbuang sia-sia.

Kalau anak-anak sudah makin besar apalagi, mereka harus sudah dibekali pengetahuan agar dapat memanfaatkan uang THR dengan lebih maksimal, ga berakhir sia-sia.

Tugas kita nih sebagai orangtua buat membekali anak-anak dengan pengetahuan dan pengelolaan finansial yang tepat. Anak-anak juga bisa diajak diskusi, bagaimana mereka mau memanfaatkan uang THR itu. Buat simulasi-simulasi situasi tertentu untuk menggambarkan baik buruknya mengambil jalan tertentu.



Komentar

Postingan Populer